
Oleh ISM
07 September 2007
Melihat peluang adalah kejelian yang harus dimiliki oleh pebisnis. Makin terlatih dia, makin hebat dia. Sebab, peluang bagus jarang datang dua kali.
Menyusun rencana bisnis, atau lazim disebut proposal, adalah keahlian yang mesti dimiliki seorang pebisnis untuk mengolah peluang menjadi usaha riil yang menghasilkan. Melalui rencana bisnis ini akan tampak apakah peluang tersebut layak atau tidak untuk direalisasikan menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan.
Rencana bisnis merupakan sarana untuk mencari rekan bisnis seperti investor dan sponsor. Rencana bisnis yang menarik biasanya segera mendapat respon dari investor atau sponsor. Tapi menarik saja belum cukup. Lebih penting lagi adalah menyusunnya dengan baik.
Rencana bisnis yang baik, harus dapat menjelaskan empat bagian penting berikut:
1. Gambaran usaha (description of the business)
2. Pemasaran (marketing plan)
3. Keuangan (financial management plan)
4. Manajemen (management plan)
Agar lebih meyakinkan, akan lebih baik bila rencana bisnis dilengkapi dengan executive summary, dokumen pendukung dan proyeksi keuangan. Selamat mencoba!
(sumber : niriah.com)
No comments:
Post a Comment